Astra Pelita Bangsa



Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi yang semua orang memiliki hak yang sama dalam mengakses informasi, pendidikan dan kesehatan. Namun yang terjadi saat ini belumlah sesuai dengan apa yang diharapkan. Masih banyak orang-orang yang belum bisa merasakan hal-hal yang telah disediakan oleh pemerintah atau swasta sehingga muncul ketidak merataan dalam mengakses informasi, pendidikan dan kesehatan. Masih banyak anak-anak putus sekolah, pengangguran, hingga tidak mendapatan akses kesehatan yang memadai. Kondisi indonesia yang terpisah daratan dan lautan juga mempengaruhi akses untuk menuju ke lokasi juga susah di jangkau sehingga masyarakat yang ada di pelosok tidak mendapatkan hak-hak yang sama seperti masyarakat yang ada di kota.

Hal ini merupakan sebuah tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara bukan hanya beban untuk pemerintah semata. Seperti apa yang telah dilakukan oleh PT. Astra Internasional yang ikut turut andil dalam membangun bangsa. Terdapat 4 pilar yang menjadi titik fokus PT. Astra untuk membangun bangsa yaitu :

Astra Untuk Indonesia Sehat
Astra sangat peduli terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia khususnya di daerah. Astra menyadari bahwa kesehatan masyarakat sangat penting untuk menunjang keberlanjutan, baik individu, perusahaan, dan negara. Hal ini diwujudkan dalam bentuk bantuan peningkatan kesehatan berupa beberapa program yang dilaksanakan Astra Grup yaitu Mobil Kesehatan Astra (MOKESA), Pembinaan POSYANDU, #generAKSISEHATIndonesia.

Astra Untuk Indonesia Cerdas
Astra untuk Indonesia cerdas merupakan program yang di tujukan sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui pengetahuan. Astra turut berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Astra telah mengadakan beberapa program untuk meningkatkan pendidikan serta melakukan beberapa pelatihan demi meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Adapun program-program yang dilakukan ialah Rumah Pintar,  Pendidikan Daerah Pra-Sejahtera, Pemberian Beasiswa dan Bantuan Fasilitas Pendidikan, Politeknik Manufaktur Astra.

Astra Untuk Indonesia Hijau
Dalam menjalankan bisnisnya, Astra selalu melakukan proses produksi dan operasional yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan dalam hal ini adalah mengendalikan dan meminimalisasi konsumsi energi, air, serta penggunaan sumber daya alam lain. Astra  berkomitmen untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan dan menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan yang memungkinkan staf dan bisnis Grup Astra menjadi lebih ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa program lingkungan yang diinisiasi oleh Astra yaitu ASTRA Forest, Astra Green Lifestyle (AGL).

Astra Untuk Indonesia Kreatif
Pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi perusahaan menjadi sasaran utama yang menjadi perhatian setiap perusahaan Grup Astra. Sebagai upaya menumbuhkan usaha-usaha produktif di masyarakat, Astra menyelenggarakan beberapa program Income Generating Activities (IGA) yang mencakup program Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), Bank Sampah Pemberdayaan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), Bank Sampah.

Hal ini dilakukan oleh PT. Astra berdasarkan catur darma yang dipegang teguh yang salah satu poinnya ialah bermanfaat bagi bangsa dan negara karena menurut sistem yang dianut oleh William Soeryadjaya selaku CEO PT. Astra mempercayai bila astra dapat membuat bangsa ini sejahtera imbal baliknya, bangsa akan membuat bisnis astra bertumbuh. Kepercayaan ini yang membuat astra tidak ingin sukses sendiri tanpa menyukseskan lingkungan yang ada di sekitarnya.


Seperti yang dilakukan di Kampung Berseri Astra atau biasa disingkat KBA sejak tahun 2015 telah ada 30 KBA yang tersebar di 16 Provinsi di Indonesia. Inisiatif Astra bersama masyarakat untuk membangun lingkungan yang bersih dan hijau, serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif. Melalui pendekatan yang terpadu, Astra membangun sarana fisik serta melakukan pembinaan dan pendampingan untuk peningkatan kualitas masyarakat dan lingkungan kampung binaan. Salah satu KBA yang unik ialah KBA Rappocini Makassar di mana KBA satu ini dulunya selalu diidentikkan dengan area rusuh, tawuran hingga markas begal dan perampok didalamnya serta posisinya di dalam lorong yang memiliki stigma kumuh, jorok dan tidak teratur juga membuat orang enggan berkunjung ke lokasi ini. Namun sejak adanya program Kampung Berseri Astra (KBA), Rappocini menjadi salah satu daerah favorit di Makassar. Ini merupakan keunikan KBA Astra Rappocini :

Longset (Lorong Sehat)
Lorong sehat merupakan program inovasi dari Dinas Kesehatan Kota Makassar. Longset ialah program Inovasi Informasi Pelayanan Publik yang masuk dalam 99 besar Top Inovasi Pelayanan Publik 2017 versi KemenPAN-RB. Dengan adanya Longset ini, pemerintah berupaya mewujudkan lorong-lorong sehat di seluruh Makassar dengan dibantu Puskesmas di masing-masing kecamatan. Terdapat 12 indikator yang harus dipenuhi, di antaranya program Keluarga Berencana (KB), fasilitas kesehatan, imunisasi dasar lengkap untuk bayi, ASI eksklusif, pemantauan pertumbuhan balita, dan pengobatan tuberkolosis sesuai standar. Program lorong sehat ini sejalan dengan program pemerintah kota Makassar Seperti Bina Pos Kesehatan yang dilakukan Astra yang bertujuan agar warga sekitar daerah tersebut dapat memperoleh layanan kesehatan. Bukan hanya itu bahkan dalam lorong KBA rappocini banyak dijumpai poster-poster informatif tentang kesehatan yang informatif bagi warga dan pengunjung lorong tersebut.

Lorong Hijau / Lorong Garden
Lorong hijau atau bisa dikenal dengan lorong garden juga merupakan program pemerintah Kota Makassar. Lorong hijau diberlakukan untuk mematahkan stigma bahwa lorong itu kumuh, jorok dan tidak teratur. Namun dalam lorong hijau rappocini tidak ada lagi stigma tersebut karena dalam lorong ini berbanding jauh 100%. Saat anda memasuki lorong tersebut yang dapat dinikmati ialah coretan lukisan yang ada di dinding lorong dengan hiasan tanaman dan bunga warna warni di depan rumah warga membuat lorong ini terlihat asri, sejuk dan indah di pandang mata. Bahkan lorong hijau ini dapat membantu perekonomian warga dengan menanam tumbuhan seperti cabe, tomat, terong dan tanaman apotik hidup lainya di pekarangan rumah.

Penerapan Bank Sampah
Melalui Program Bank Sampah Astra mengajak masyarakat untuk peduli terhadap nilai ekonomis sampah serta mendorong masyarakat menerapkan pola hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan seperti program pemerintah kota Makassar LISA (Liat Sampah Ambil). Masyarakat di himbau untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah ke Bank Sampah. Setiap sampah yang disetorkan akan diganti dengan uang yang kemudian ditabung oleh masyarakat. Sampah yang terkumpul akan diolah kembali oleh Bank Sampah menjadi sesuatu yang lebih bernilai ekonomis. Penerapan Bank sampah di KBA Rappocini telah memperoleh 2 penghargaan Makassar Green dan Clean Program Bank Sampah unit Terbaik 2 tahun berturut-turut dari tahun 2015 dan tahun 2016.

Penerapan Sanggar Seni
Penerapan Sanggar Seni di KBA Rappocini eruapakan upaya untuk melestarikan budaya serta memberikan kegiatan positif bagi anak-anak dan remaja. Di mana dalam sanggar seni anak-anak dan remaja dilatih tari gandrang bulo (tari tradisional) yang pelatihnya diambil dari sanggar seni terkenal di Makassar.

Pemberdayaan Usaha Rotan Dan Kerajinan Tangan
Sejalan dengan program pemerintah Kota Makassar BULo (Badan Usaha Lorong) mengatasi inflasi sekaligus untuk menghidupkan perekonomian masyarakat di lorong-lorong Kota Makassar. Di mana semua penduduk di lorong-lorong diberdayakan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha yang diberdayakan di KBA Rappocini ialah kerajinan dari rotan yang disulap menjadi kursi, meja, keranjang, fas bunga dll. Memiliki nilai jual untuk membantu perekonomian warga serta mengurangi jumlah pengangguran. Serta ada kerajinan tangan junga sembuat tas, tempat tisu, bunga dari manik-manik yang dapat memberikan kesibukan positif pula untuk ibu-ibu.

Pengadaan PAUD
Usia dini meruapan masa perkembangan setiap anak. Karena itu, pendidikan yang didapat anak dalam fase ini menjadi salah satu dasar pembentukan karakter serta kepribadiannya. Di PAUD anak akan belajar tentang nilai-nilai positif seperti kejujuran, berbagi, bersikap sopan, dan menghormati orang lain. Dari sisi mental, anak akan dipersiapkan secara matang untuk bersaing, memiliki keterampilan sendiri, mengekspresikan diri, dan berani tampil di tengah kelompok. Bahkan telah dipilih Bunda PAUD di setiap kecamatan di Kota Makassar yang diselenggarakan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) se-Kota Makassar.

Banyak hal positif yang terjadi ketika pemerintah dan swasta bersatu untuk memajukan bangsa karena seyogyanya bangsa dapat maju saat semua elemen-elemen dari bangsa mulai masyarakat, pemerintah dan swasta bersatu untuk sama-sama bergerak membangun bangsa. Apalgi CSR yang dilakukan oleh PT. Astra memang sejalan dengan program pemerintah kota Makassar  yang membangun dari lorong. Arti penting masyarakat di mata Astra terlihat dari keseriusan perusahaan mengolah CSR-nya. Di mana potensi terbaik yang ada dikerahkan dan dikelola secara strategis sehingga dapat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat . Di ibaratkan pelita Astra memiliki tujuan untuk menerangi tempat di sekelilingnya. Masyarakat bukanlah sekedar penerima bantuan saja tetapi juga pelanggan terbaik astra yang layak mendapatkan pelayanan terbaik. Astra melakukan hal-hal yang tujuannya membangun bukan hanya untuk kepentingan perusahaan semata tetapi Astra bercita-cita ingin sejahtera bersama bangsa indonesia.




Tulisan ini diikutsetakan dalam lomba 

Baca Juga :

7 komentar

  1. Semoga peran Astra menjadi bagian membangun Indonesia lebih gemilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aja ya kak nik,, semoga dapat membantu warga indonesia

      Hapus
  2. keempat pilar Astra sangat bermanfaat bagi masyarakat dan bisa menjadi contoh yang positif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banget kak banyak program-program CSR Astra yang membantu warga indonesia hingga ke pelosok negri

      Hapus
  3. Gagal fokus nih. Infografiknya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gagal fokus bgmna nih kak firman maksudnya?? hehheh akunya gak ngeh loh

      Hapus
  4. Dalam kegiatan Bank Sampah, apakah ada bentuk pendampingan yang dilakukan oleh pihak ASTRA sendiri ataukah seperti apa..? terima kasih

    BalasHapus