Sepucuk Surat Untuk Membela Indonesia di Tahun 2018 "Banggakan Nama Indonesia Dengan Passion"


Indonesia itu luas, beragam dan memiliki warnanya masing-masing sehingga indah ketika diliat seperti pelangi. Indonesia memiliki beragam suku seperti suku Jawa, Sunda, Batak, Cina, Dayak dan Papua. Walaupun mereka berbeda-beda tetapi tetap satu jua seperti semboyan negara Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Saya bangga menjadi anak indonesia karena di negara ini semua orang diberi kesempatan mengutarakan pendapatnya dan berhak bebas untuk berkreatifitas.

Sebagai pemuda negeri saya pastinya ingin mengharumkan nama Indonesia dan membanggakan kedua orang tua. Tetapi masih banyak pemuda-pemuda lain diluar sana yang masih belum bisa menentukan arah hidupnya mau ke mana dan tujuannya apa. Kali ini saya ingin menceritakan usaha saya sehingga saya dapat menemukan passion saya serta menentukan arah hidup saya.


Saya bukanlah siapa-siapa yang perlu untuk didengar atau diperhatikan. Saya bukan artis, saya bukan pejabat dan saya bukan anak konglomerat. Saya hanya pemuda negri yang sedikit memeiliki keberuntungan. Kenapa sedikit? Karena saya merasa diri saya masih jauh dari kata sempurna. Seperti sifat khas manusia yang tidak akan pernah puas tapi bukan serakah ya...

Nama saya aisyah alumni di Universitas Terbesar di Indonesia Timur. Semasa saya kuliah saya menyibukkan diri dengan aktiftas kampus mulai dari bidang akademik hingga bidang olahraga dan seni. Saya ikuti semua kegiatan yang berharap saya dapat menemukan passion saya. Alhasil setelah mencoba beberapa bidang dan merasakan lika-likunya akhirnya saya menemukan passion saya. Setelah banyak mengikuti banyak lomba di berbagai bidang mulai dari lomba cerdas cermat, lomba sempoa, lomba badminton, lomba volly, lomba melukis tetapi saya selalu gagal. Bahkan dulu saya sempat sakit gara-gara kepikiran karena gagal saat lomba. Saya merasa diri saya itu tidak berguna.  Tetapi setelah saya sadari saya merasa malu untuk mengenang hal tersebut. itu merupakan hal yang lucu jika saya ingat kembali.

Saat saya berada di posisi kegagalan itu saya berusaha bangkit mencoba mencari dimana passion saya yang sebenarnya. Dan singkat cerita saya saya sekolah di SMK Antartika 2 Sidoarjo Jurusan Multimedia dan kuliah di Universitas Hasanuddin Jurusan Ilmu Komunikasi dari situ saya mulai merambah dunia digital yang meneurut saya adalah hal baru. Karena hal baru tersebut saya penasaran dan terus mencari tahu tentang hal-hal yang berkaitan dengan fotografi, desain garfis, film dan brodcasting. Di saat pencarian itu saya mulai jatuh cita dan sulit untuk melupakannya.

Dan disitulah saya mulai menemukan passion saya. Saya berhasil memenangkan banyak lomba dan bidang desain grafis, fotografi dan videografi hingga tingkat provinsi. Saya merasa bangga dan sedikit terharu kenapa saya bisa merasakan hal seperti ini saat saya telah ada di bangku kuliah? Kenapa gak dari kecil saya merasakannya? Yah.. mungkin itu sudah takdir saya. Tetapi saya tetap bersyukur bisa merasakan menjadi seorang pemenang, membawa banyak piala pulang kerumah serta membanggakan kedua orang tua saya. Hingga saat ini setalah selesai di bangku kuliah saya bisa menghidupi hidup saya dan memiliki usaha sendiri di bidang yang sesuai dengan passion saya.

Itulah sedikit cerita singkat saya. Memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa di posisi saat ini. Saya berharap untuk anak muda jaman sekarang. Jangan gara-gara semuanya serba instan kamu juga ingin menjalani hidup kamu dengan instan. Pesan saya  kalau kamu mau sukses kamu harus usaha lebih, bersabar temukan bakat kamu. Jangan mudah menyerah,  kalau gagal bangkit lagi, Kalau jatuh lagi, bangun dan lari kejar ketertinggalanmu. Karena Indonesia itu negara bebas untuk berekpresi sesuai dengan apa yang kalian inginkan asalkan tetap dalam hal yang positif. Di jaman sekarang gak perlu harus ikut perang melawan penjajah dulu untuk mengharumkan nama Indonesia. Berkat jasa-jasa para pahlawan kita sudah diberikan kemerdekaan yang patut untuk di syukuri. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membanggakan Indonesia salah satunya berkarya di bidang kalian sukai. mau itu olahraga, seni atau bidang" lainnya. Jangan takut tampil beda, lakukan dengan ikhlas niscaya kamu akan menuai hasilnya.


Di tahun 2018 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games ke XVIII di Jakarta dan Palembang. Setelah 56 tahun silam akhirnya Indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah dari Asian Games. Ini merupakan salah satu cara untuk para pemuda indonesia berjuang untuk membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia di kanca Internasional. Seluruh bangsa se-Asia bersatu untuk menjunjung spirit Energy Of Asia yang berlaga dengan tetap menjungjung tinggi nilai nilai persahabatan , nilai-nilai sportivitas, kerja keras dan semangat perdamaian. Saya berharap untuk para atlet tetap semangat, seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke mendukung kalian dengan segenap jiwa dan raga. Kepakkan sayap kalian buktikan bahwa Indonesia BISA dan lukislah dengan indah nama Indonesia di catatan Asian Games ke XVIII.

Untuk seluruh masyarakat Indonesia mulai dari sabang sampai merauke harus menjunjung sportivitas selama Asian Games karena Asian Games tidak hanya milik para atlet, tapi milik semua masyarakat maka dari itu kita harus #DukungBersama dan Asian Games ini harus menjadi #EnergiAsia untuk menggerakan semangat,dukungan,harapan untuk para atlet-atlet Indonesia. Ewako...

Dan ini cara sederhana membanggaka Indonesia di kanca Internasional menurut saya :

Menggalih Passion Untuk Mengetahui Bakat Diri
Galih passion kamu. Cari tahu apa yang sebenarnya kamu suka dan kamu bisa lakukan. Mulailah berkarya sehingga dapat menjadi yang terbaik tunjukkan kepada dunia bahwa pemuda Indonesia tidak kalah dengan pemuda negara-negara lain.

Menjadi Pemuda Yang Kreatif dan Positif (Berfikir Di Luar Batas)
Percuma menguasai iptek tanpa punya kemampuan tinggi dalam kreativitas agar dapat tampil beda atau bahkan lebih unggul dari bangsa-bangsa yang lain. Ciptakanlah hal-hal baru yang positif yang dapat membantu membangun bangsa dan negara indonesia.

Menjadi Pemimpin (Teladan)  Yang Baik
Untuk memperbaiki nasib kita harus mengambil alih kekuasaan dari tangan oknum yang jahat kepada kita orang-orang yang baik. Setelah memimpin jadilah teladan bagi semua rakyat jangan mementingkan kepentingan sendiri dan golongan. Jika tidak mampu menjadi pemimpin minimal paling tidak menjadi tim sukses di belakang layar pemimpin yang handal, jujur, adil, berwibawa, cerdas, sopan santun, dan cinta tanah air.

Tularkan Kepada Orang Lain Terutama Generasi Muda
Generasi muda tidak boleh meniru kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh generasi sebelumnya. Sejarah sangat penting untuk dipelajari agar tidak terperosok dalam jurang yang sama. Generasi muda super yang sedang tertidur lelap harus segera kita bangungkan agar bangsa ini dapat maju pesat ke arah yang jauh lebih baik dengan berbagai metode seperti pendidikan, memperlihatkan potensi-potensi negara mulai dari budaya, sumberdaya alam serta keeksotisannya melalui media sosial atau media massa agar seluruh dunia dapat melihatnya.

Tulisan ini diikut setakan dalam Blog Contest tunjukkan #EnergiAsia versi kamu

24 komentar

  1. Aisyah kereen! Semoga terus lahir ide dan aksi kreatif di Indonesia untuk membawa harum nama bangsa dengan passion masing-masing. Sukses terus! Semoga menang :)

    BalasHapus
  2. Saya bangga ada pemuda yg punya Semangat membara untuk membanggakan nama Indonesia dengan passion yg dimiliki

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong kak passion kita sama ya sama" suka desain grafis hehehe

      Hapus
  3. Semangat jadi pemuda yg berprestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu juga ya... asa potensi kamu dan temukan passion kamu

      Hapus
  4. Mantap Lanjutkan banggakan nama indonesia

    BalasHapus
  5. Harus menularkan hal-hal positif ya untuk pemuda indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus dong kak.. kalau hal-hal positif memang harus di sebarluaskan biar semua orang dapat merasakannya

      Hapus
  6. Yeeaaayyy... Kita sepakatt Aisyah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak ila yang mau gantikan ibu kadisnya Dispora yang akan datang.. Amin

      Hapus
  7. aaaaaahh kerennn aisyahhhh maju terus jiwa muda semangat membara berkreasiiii go go go !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak qia terimakasih. saya juga banyak belajar dari kita kak :D

      Hapus
  8. Wow! Ternyata Aisyah sudah punya banyak pengalaman ikut lomba. Semangat selalu Aisyah. Kamu pantas jadi kebanggaan kami 👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak ery... saya belajar juga dari kta kak :D

      Hapus
  9. Sukses ya semoga menang ya banggakan Indonesia selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kakak eril sudah berkunjung ke blog aku

      Hapus
  10. Sukses terus kak aku padamu deh... Sukseskan asian game andai ada rejeki mau nonton live kejuaraan silatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih adek.. iya yah coba aja di makassar lokasinya tapi tetap bisa kobarkan semangat kok walau jauh dengan dukung para atlit yang akan berlomba

      Hapus
  11. Saya juga udah gak sabar untuk asian games 2018 semangat untuk atlet" indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat trus kobarkan asian games 2018 untuk para atlet" indonesia

      Hapus
  12. Jadi kebanggan indonesia ya jgn lupa sama teman lama..

    BalasHapus