Saya Indonesia, Saya Cinta Rupiah


Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan suku bangsanya, bukan hanya itu Indonesia juga kaya akan hasil alamnya. Mengibaratkan indonesia itu seperti surganya dunia mulai dari tempat wisata yang indah, jutaan kuliner dari berbagai macam daerah, masyarakat yang ramah dan menjunjung tinggi asas kekeluargaan antar suku dan agama.

Sebagai pemuda Indonesia saya berusaha untuk terus melestarikan budaya-budaya yang ada di indonesia. Membela nama Indonesia merupakan salah satu kewajiban pemuda negeri ini. Akan tetapi membela nama negara tidak perlu lagi untuk mengangkat senjata dan pergi berperang seperti para pahlawan tempo dulu. Bersyukurlah pemuda sekarang telah di beri kemudahan untuk mengharumkan nama negara dengan banyak hal. Salah satunya dengan cara mencintai mata uang negara juga termasuk sudah membela negara loh. Kenapa bisa begitu?


Sebagai Negara Kasatuan Republik Indonesia kita memiliki kedaulatan negara, memiliki mata uang sendiri yaitu rupiah. Akan tetapi kenapa kita masih di teror dengan tekanan dollar? Hal ini merupakan salah satu hal miris yang terjadi di Indonesia. Pertanyaan mendasar untuk seluruh masyarakat Indonesia jika disuruh memilih menyimpan dollar atau menyimpan rupiah? Pasti jawabannya dollar karena dollar memiliki nilai yang lebih tinggi di bandingkan rupiah. Tetapi jika pertanyaannya manakah yang anda cintai rupiah atau dollar? Pasti jawabannya Rupiah karena merupakan bentuk cinta tanah air.

Itulah fenomena lucu yang terjadi di Indonesia saat ini di mana cinta dan kepentingan masih sulit untuk dikalahkan egonya. Sebagai generasi muda yang memiliki kewajiban membela tanah air pastinya harus memiliki pendirian yang teguh.  Banyak cara untuk menjunjung tinggi kedaulatan negara dan ini merupakan fakta bahwa Cinta Rupiah sama dengan membela negara :


Transaksi Menggunakan Rupiah
Rupiah merupakan mata uang resmi yang digunakan oleh Indonesia untuk melakukan transaksi ekonomi. Rupiah juga merupakan salah satu lambang kedaulatan untuk Republik Indonesia. Sebagai lambang kedaulatan negara tentunya dengan melakukan transaksi menggunakan rupiah merupakan salah satu cara menjaga kedaulatan  negara.

Mempublikasikan Ragam Budaya dan Menghormati Pahlawan Negara
Dalam setiap lembar rupiah dapat dijumpai  gambar para pahlawan dan pemandangan alam indonesia. Dari selembaran uang tersebut merupakan salah satu media untuk mempublikasikan ragam budaya dan sejarah Indonesia sebagai wujud kecintaan budaya dan karakteristik bangsa Indonesia.

Meningkatkan Nilai Rupiah Atas Mata Uang Asing
Salah satu cara meningkatkan nilai rupiah atas mata uang asing dengan cara penguatan nilai rupiah sama saja dengan mengembalikan kehormatan dan kejayaan bangsa Indonesia karena dengan merosotnya nilai rupiah dapat berimbas kepada kehidupan masyarakat menjadi susah. Cara sederhana dengan penguatan nilai rupiah ialah dengan cara menabunglah dengan rupiah.

Cukup sederhanakan cara membela negara dengan cinta rupiah. Untuk para penyembah dollar ayo, berbaik hatilah untuk menjunjung kedaulatan negara. Karena telah ada aturan yang menjelaskan tentang barang siapa  yang kedapatan masih menggunakan mata uang asing pada setiap transaksi tunai dan menampilkan label harga selain rupiah akan diganjar sanksi mulai Juli 2015. Hukumannya beragam, mulai dari yang teringan berupa teguran, pencabutan izin usaha, hingga denda maksimal Rp 1 miliar atau kurungan penjara 1 tahun. Peraturan tersebut dimuat dalam Surat Edaran BI (SEBI) Nomor 17/11/DKSP tentang Kewajiban Penggunaan Rupiah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Pada 1 Juni 2015.

Sesuai yang tertera pada UU No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Dengan mencintai rupiah melalui kontribusi menggunakannya, mka kita sudah ikut membantu mengangkat dan membanggakan nama Indonesia di Mata Dunia. Ada Tips dari saya untuk menjaga rupiah agar tetap terjaga :


Jangan di coret-coret
Rupiah adalah bentuk kedaulatan negara bukan buku gambar yang bisa di coret-coret dengan seenaknya. Untuk memperoleh kedaulatan negara itu susah loh butuh keringat dan perjuangan.

Jangan diremas dan dirobek
Kalau kalian di kasih uang yang lecek atau robek pasti tidak mau kan? Kalian pasti maunya uangnya tidak rusak. Oleh karena itu kalian perlu menjaganya agar tidak sampai lecek dan robek agar tidak semakin banyak uang seperti itu tersebar di negara kita.

Simpan di dompet
Untuk menjaganya agar terhindar dari lipatan, robek, dan kotor simpanlah uang kalian dalam dompet agar tetap terjaga keindahannya. Sehingga orang dapat melihat dengan jelas wajah pahlawan yang terpajang serta keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Mari kita bersama-sama menyuarakan Saya Indonesia, Saya Cinta Rupiah. Tulisan ini diikut sertakan dalam kompetisi blog yang di selenggarakan oleh Bank Indonesia sebagai wujud Cinta Rupiah.


Sumber :
Zawawi, Ali; Saifullah Mas'hum. (1999). Penjelasan Al-Qur'an tentang krisis sosial, ekonomi, dan politik. Jakarta: Gema Insani Press.

21 komentar

  1. Informatif nih kak pesannya jadi jl nabung pakai rupiah sama dengan bela negara ya.. untung aja di tabungan aku isinya rupiah semua heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus itu kak kl isis tabungannya rupiah semua jadi bisa membantu bela negara :D

      Hapus
  2. Wah terinspirasi nih saya pemburu dollar tapi saya cinta Rupiah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pemuda yg doyannya kumpul dollar hahha buruan tukar dollarnya jadi rupiah :P

      Hapus
  3. Makasih informasinya kak soal rupiah. Ternyata ada UU yg mengatur soal mata uang. Mulai skrng gak coret-coret uang lagi walaupun hanya untui tanda sih biar gak bingung hitungnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. mulai sekarang lebih hargai uang rupiah ya dinda

      Hapus
  4. Suka kessel biasanya kalau dapat uang yang lecek, kalau semua orang cinta rupiah kece yah jadi uang yang beredar jadi terpelihara. Tulisan ini harus dibaca semua orang biar sama-sama cinta rupuah ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak uga saya juga agak kesel kalau di kasih uang lecek makanya saya selalu simpan di dompet uangnya bisar gak lecek hehhe

      Hapus
  5. Saya pemburu dollar tpi saya suka rupiah juga soalnya kl jajan di warung sebelah kos pakai rupiah gak laku dollar disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas lah kak mana ada beli ayam geprek pakai dollar jadi cinta rupaih aja ya

      Hapus
  6. Kalau bukan kita yang cinta rupiah? Siapa lagi. Ulasan yang mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak atik. ayo sama" cinta rupiah ya

      Hapus
  7. Saya cinta rupiah, apalagi rupiah yang merah2 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga kak ila kalau dapat yang merah gak rela mau pecahin hahhaha

      Hapus
  8. Tulisannya keren .. Terima kasih ya sayang .. Terus berkarya buat Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak nik... iya dong sebagai pemuda harus semangat berkarya sebelum tua hhehhe

      Hapus
  9. informatif tulisannya mbak aisyah. saya suka gaya tulisannya yang sederhana tetapi kena maksud dan tujuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas.. semoga tulisan saya bermanfaat untuk banyak orang

      Hapus
  10. Satu lagi mba, jangan menghina siapapun pahlawan yang ada di lembaran rupiahnya, karena itu sama saja menghina Indonesia, kadang sebel sama orang yang menghina gambar pahlawannya, btw folbek blognya ya mba, udah aku follow ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul banget kak malah banyak pahlawan yang baru saya kenal gara-gara ada fotonya di dalam uang hehehhe... done follow blog ya kak :)

      Hapus
  11. Bagus ni blognya saya suka dengan informasi yang ada di dalamnya.. makasih mbak aisyah

    BalasHapus